Selidiki Misteri Macan di Budegan Wonosari, Damkar Pasang Jebakan Ayam Hidup di 5 Titik

HARIANEJOGJA – Menanggapi isu kemunculan macan di Budegan Wonosari, berbagai upaya dilakukan untuk menentukan dengan pasti jenis hewan apa yang meresahkan warga setempat ini.

Salah satu usaha yang dilakukan untuk identifikasi macan di Budegan Wonosari adalah dengan memasang umpan atau jebakan di sekitar lokasi penampakan.

Hewan yang diduga macan di Budegan Wonosari ini diharapkan akan terkecoh dengan umpan yang dipasang sehingga bisa terungkap misteri di Dusun Budegan.

Sebelumnya, diungkapkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bahwa dilihat dari jejak kaki yang ditemukan di sekitar lokasi, kemungkinan hewan yang berkeliaran bukanlah macan seperti yang dikhawatirkan.

BACA JUGA:  4 Juta Wisatawan Bakal Libur Nataru di jogja, Pemda Bagi-bagi Masker Hingga Rekayasa Lalu Lintas

Kesaksian Warga yang Melihat Sosok Macan di Budegan Wonosari

penampakan macan di budegan gunungkidul
Penampakan jejak kaki diduga milik macan Jawa yang berkeliaran di Budegan, Gunungkidul. (Foto: Instagram/polsek_wonosari_gunungkidul)

Warga Dusuh Budegan 2, Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Minggu sore 11 Desember 2022 dihebohkan dengan penampakan hewan yang diduga macan berkeliaran dengan bebas di sekitar ladang desa tersebut.

Sejumlah warga mengaku melihat sosok hewan berbulu cokelat dan bergaris loreng hitam dengan ukuran besar mengintai saat sedang beraktivitas di ladang.

Penampakan ini pun dilaporkan dan langsung mendapatkan respon dari Bhabinkamtibmas Piyaman, Polsek Wonosari, Polres Gunungkidul Aiptu Nugroho, dan Bripka Ribut santoso bersama petugas Damkar Gunungkidul.

Dyah Ayu