Sejarah Penyakit Pele Hingga Meninggal, Sudah Hidup dengan Satu Ginjal Sejak 1970-an

HARIANEJOGJA – Sejarah penyakit Pele yang membuat sang legenda sepak bola Brazil ini sering keluar masuk rumah sakit ternyata sudah berlangsung sejak tahun 1970-an.

Diketahui sebelum meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022, sejarah penyakit Pele tidak hanya kanker usus besar tapi juga beberapa kali mengalami infeksi pada saluran kemihnya.

Sejarah penyakit Pele membuatnya harus menjalani beberapa kali operasi, termasuk operasi batu ginjal, hingga pengangkatan tumor pada usus besar sebelah kanannya sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Setelah selama kurang lebih satu tahun menderita kanker, Pele dinyatakan meninggal dunia di Albert Einstein Israelite Hospital, Sao Paulo, Brazil pada Kamis sore.

BACA JUGA:  Jadwal dan Link Final Sepak Bola SEA Games 2023: Indonesia vs Thailand

Sejarah Penyakit Pele, Mulai dari Hidup dengan Satu Ginjal Hingga Kanker Kolorektal

kronologi penyakit kanker pele
Pele memiliki riwayat tumor dan sudah menjalani operasi sejak September 2021. (Foto: Instagram/iamkelynascimento)

Pele meninggal karena apa? Legenda sepak bola bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento meninggal karena gagal fungsi organ-organ akibat dari kanker kolorektal atau kanker usus besar (kolon).

Pele telah menjalani perawatan di Albert Einstein Hospital sejak bulan November 2022 selama kurang lebih satu bulan sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir di rumah sakit.

Sebelum didiagnosa mengidap kanker kolorektal, pemain sepak bola yang lahir pada 23 Oktober 1940 ini diketahui sudah hidup dengan satu ginjal saja sejak tahun 1970-an.

Dyah Ayu