Peringatan Dini Gelombang Tinggi 1 April 2023, Kenali Tanda Bahaya Saat Bermain di Pantai

HARIANE JOGJA – Peringatan dini gelombang tinggi dikeluarkan BMKG untuk wilayah perairan selatan Pulau Jawa pada 1 April 2023.

Peringatan gelombang tinggi di Pulau Jawa berlaku mulai tanggal 1 April 2023 pukul 07.00 hingga 2 April 2023 pukul 07.00 WIB.

Untuk meningkatkan kewaspadaan saat bermain di pantai, ada baiknya mengetahui tanda bahaya di pantai yang biasanya ditunjukkan dengan sinyal bendera berwarna khusus.

Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Kenali Tanda Bahayanya

Dilansir dari Instagram @infobmkgyia, gelombang tinggi terjadi pada kisaran 2,5 hingga 4 meter.

Pola angin di wilayah selatan dominan bergerak dari barat daya menuju barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Peringatan gelombang tinggi di Pulau Jawa ini ditujukan untuk wilayah perairan selatan Yogyakarta, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran.

BACA JUGA:  Ancaman Kekeringan di Jogja 2023, Petani Dianjurkan Menanam Padi Jenis Ini
Peringatan Dini Gelombang Tinggi
Gelombang setinggi 4 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Pulau Jawa. (Ilustrasi: Unsplash/Axel Antas-Bergkvist)

Para pemilik perahu nelayan harap berhati-hati karena risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dengan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter.

Untuk menghindari bahaya main di pantai, dilansir dari unggahan Instagram @kemenparekraf.ri pengunjung diharapkan untuk mengenali tanda bahaya atau rambu-rambu keselamatan ketika berada di pantai.

Meskipun biasanya di pantai terdapat lifeguard (penjaga pantai), namun pengunjung dapat membantu tugas lifeguard dengan cara menjaga keselamatan diri sendiri.

Admin