Perbedaan Karburator Vs Injeksi, Mana yang Lebih Unggul?

HARIANE JOGJA – Perbedaan karburator vs injeksi menjadi sebuah topik yang selalu ramai diperbincangkan oleh masing-masing kubu penggemarnya.

Sebenarnya, meskipun perbedaannya cukup banyak, tetapi fungsi keduanya sebenarnya adalah sama, yaitu menyalurkan bahan bakar ke mesin untuk menghasilkan tenaga.

Lalu, mengapa perbedaan karburator vs injeksi memiliki penggemar fanatiknya masing-masing jika fungsi keduanya sama?

BACA JUGA:  Alasan Kawasaki Tidak Jual Motor Matic Di Indonesia, Bukan Karena Takut Tidak Laku

Perbedaan Karburator Vs Injeksi

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh kanal YouTube FtShare, sebenarnya kedua sistem penyaluran campuran bahan bakar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Karburator

Karburator
Karburator merupakan sistem pengabutan yang sudah cukup lama beredar (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Karburator merupakan jenis penyaluran campuran bahan bakar, atau disebut juga pengabutan, yang cukup lawas karena marak digunakan pada motor-motor tua.

Namun, saat ini masih ada juga motor baru yang menggunakan sistem pengabutan karburator, salah satunya adalah Kawasaki W175 yang menggunakan karburator salah satunya karena genre retro yang dipilih.

Pada dasarnya karburator mengandalkan putaran mesin untuk bekerja. Tekanan yang terjadi di silinder mesin akan menarik udara melalui intake yang kemudian dicampurkan dengan bahan bakar oleh karburator.

Karburator sendiri adalah sistem pengabutan yang murni mekanis, sehingga memiliki ketahanan yang tinggi karena tidak ada perangkat elektronik yang dapat rusak.

Admin