Mengenal Prinsip Pareto Rule, Gunakan 4 Aturan Ini untuk Hidup Lebih Efektif

HARIANE JOGJA – Mengenal prinsip pareto rule yang sangat berguna untuk fokus dalam suatu kegiatan dengan persentase kecil namun hasil yang didapat maksimal.

Mengenal prinsip pareto rule dapat membantu orang-orang yang terlihat selalu bekerja tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam mengenal prinsip pareto rule, orang akan dilatih untuk fokus dalam kegiatan-kegiatan yang memiliki usaha kecil namun dampak dari usaha tersebut menghasilkan banyak keuntungan.

Berdasarkan laman Binus University, prinsip pareto atau dikenal dengan rule 80/20 muncul pada abad ke-20 di Italia dan dipopulerkan oleh Vilfredo Pareto, seorang ahli Ekonomi Italia.

Rule 80/20 muncul akibat kajiannya terhadap kondisi sosial ekonomi di Italia pada kurun waktu tersebut.

Vilfredo Pareto menemukan bahwa terdapat 20% warga Italia yang mengontrol 80% dari ekonomi bangsa tersebut.

Melalui kanal YouTube-nya, Felicia Putri Tjiasaka menjelaskan bahwa ternyata terjadi ketimpangan hubungan antara input dan output yang bisa dimanfaatkan.

Mengenal prinsip pareto rule itu penting jika ingin menjadi orang yang efektif baik dalam pekerjaan atau kegiatan yang lain karena aturan ini menyatakan 20% usaha dan 80% hasil dari effort tersebut.

BACA JUGA:  Cara Memulai Kerja Sampingan Ala Raymond Chin, Dapatkan Penghasilan Tambahan hingga 3 Kali Lipat

Terdapat aspek yang dipakai dalam mengenal prinsip pareto rule, yakni sebagai berikut:

Prinsip Pareto
Rule 80/20 bisa dipakai di beberapa aspek kehidupan sehari-hari (Ilustrasi: Pixabay/ Geralt)

1. Produktivitas sehari-hari

Banyak orang yang bekerja selama 24 jam namun pekerjaannya tidak kunjung selesai. Hal ini karena sibuk dan produktivitas berbeda.

Admin