Dituding Mencuri, NewJeans Dikritik Netizen Cina Pasca Promosikan Kertas Tradisional Korea

HARIANEJOGJA – NewJeans dikritik netizen Cina karena dianggap mencuri asal muasal kertas pasca girl grup ini mempromosikan kertas tradisional Korea Selatan lewat video.

Mengenalkan kertas hanji sambil mengenakan pakaian tradisional hanbok, NewJeans dikritik netizen Cina dan menjadi bulan-bulanan di media sosial.

Mendapati NewJeans dikritik netizen Cina yang dituduh mencuri sejarah asal muasal kertas, penggemar dan netizen Korea Selatan pun tak tinggal diam.

Para penggemar membela bahwa NewJeans tidak pernah mengatakan bahwa asal muasal kertas berasal dari Korea Selatan.

BACA JUGA:  Profil Pemain Drakor The Fabulous, Sukses Curi Perhatian Penggemar Sejak Episode Pertama

NewJeans Dikritik Netizen Cina Soal Promosi Kertas Tradisional dari Korea Selatan

NewJeans dikritik netizen Cina
NewJeans kenakan pakaian tradisional bernama hanbok untuk promosikan kertas tradisional Korea yang disebut hanji. (Foto: YouTube/한국공예디자인문화진흥원 KCDF)

Melalui YouTube Korea Craft & Design Foundation (KCDF), girl group yang beranggotakan Haerin, Minji, Hyein, Danielle, dan Hanni ini mempromosikan kertas tradisional Korea yang bernama hanji.

Kelima remaja yang mendulang kesuksesan di tahun 2022 tersebut tampak mengenakan hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea.

Dalam video tersebut, NewJeans bicara soal kertas hanji yang terbuat dari pohon mulberi. Selain itu, karakter kertas hanji yang tidak mudah robek dan memiliki sejarah selama 1.300 tahun juga jadi topik yang dibicarakan.

Video promosi yang digagas oleh lembaga yang masih berafiliasi dengan Kementerian Kebudayaa, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan itu pun mengundang reaksi negatif dari netizen Cina.

Dyah Ayu