Logo HUT RI ke-78 Resmi Diluncurkan, Begini Filosofinya

HARIANE JOGJA – Pemerintah luncurkan logo HUT RI ke-78 secara resmi melalui Kementerian Sekretariat Negara pada Senin, 12 Juni 2023.

Peresmian logo disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. Logo yang diluncurkan tersbeut merupakan pilihan dari Presiden Jokowi.

“Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” kata Heru Budi Hartono.

Logo karya Katarina Monika terpilih oleh Presiden Jokowi, setelah mengalahkan lima kandidat logo desainer anggota ADGI melalui penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf.

“Dipilih oleh Bapak Presiden satu logo terbaik yang atas nama desainer Sdri. Katarina Monika yang bertema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’,” kata Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf, Restog.

BACA JUGA:  Resmi! Pemkab Bantul Tolak Arema Gunakan Stadion Sultan Agung Jadi Homebase

Filosofi Logo HUT RI ke-78

Logo HUT RI ke-78
Logo HUT RI ke-78 (Foto : Dok. Sekretariat Negara RI)

Memperkenalkan logo peringatan hari kemerdekaan secara resmi ke publik, berikut Filosofi logo HUT RI ke-78 seperti yang dilansir dari Sekretariat Kabinet RI.

Logo peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang telah diluncurkan tersebut memadukan angka 7 secara utuh dan angka 8 dalam siluet lima bergaris berwarna merah, ditambah bagian sampingnya slogan ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif.

Tak hanya itu, angka 78 di dalamnya juga mencerminkan rasa mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Nikmati Bakmi Pak Pele Jogja, Ini Menu yang Dipesan
Kontributor 1