Jembatan Kretek 2 Bantul Punya Taman Eksotis, Bisa Nikmati Indahnya Pemandangan Tanpa Melanggar Aturan

HARIANE JOGJA – Jembatan Kretek 2 Bantul belakangan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang viral di Bantul, usai dibuka akhir bulan Januari 2023 lalu.

Namun demikian, Jembatan Kretek 2 Bantul merupakan sarana publik dan jalanan umum, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berhenti di sepanjang jembatan karena bisa membahayakan keselamatan bersama.

Namun kenyataannya sejumlah pengunjung Jembatan Kretek 2 Bantul tetap ngeyel berhenti demi menikmati pemandangan. Padahal, pengunjung bisa melipir ke taman di ujung timur, tepatnya di sebelah selatan jembatan.

Larangan Berhenti dan Melakukan Kegiatan Ekonomi di Atas Jembatan

Jembatan Luku Bantul
Warga dan pengunjung tetap berhenti di atas jembatan Kretek 2 Bantul meski sudah dilarang. (Foto: Facebook/Info Cegatan Jogja)

Seperti diketahui bahwa ada larangan resmi dari pemerintah untuk tidak berhenti atau melakukan kegiatan ekonomi di sepanjang Jembatan Kretek 2 Bantul atau Jembatan Luku.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Bantul, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengimbau masyarakat sekitar jembatan agar ikut menjaga dan merawat jembatan.

Warga juga tidak diperkenankan melakukan aktivitas ekonomi di bahu jalan dan jembatan. Sebab selain berbahaya, juga mengurangi estetika Jembatan Kretek 2 yang sudah menjadi ikon di Kabupaten Bantul.

Pemkab Bantul juga menyampaikan bahwa pihak pemerintah akan terus menata kawasan tersebut sehingga nantinya dapat menjadi kebangkitan ekonomi di DIY, khususnya di wilayah Kabupaten Bantul.