Gunung Merapi Erupsi Keluarkan Awan Panas 21 Kali, BPPTKG: Aktivitas Masih Tinggi

HARIANE JOGJA – Gunung Merapi erupsi hari ini Sabtu, 11 Maret 2023 pada pukul 12.12 WIB hingga menjelang sore hari dengan mengeluarkan awan panas guguran atau APG.

Badan Geologi melalui BPPTKG menyatakan bahwa hingga hari ini aktivitas Gunung Merapi masih masuk ke dalam kategori tinggi.

Puluhan kali Gunung Merapi mengeluarkan awan panas dalam rentang waktu kurang lebih 3 jam sehingga menyebabkan belasan kecamatan di lereng gunung harus merasakan hujan abu.

BPPTKG mengimbau kepada pemerintah daerah dan juga masyarakat agar melakukan langkah-langkah mitigasi mengantisipasi dampak bencana erupsi.

BACA JUGA:  Peringatan Milad Kokam ke 57 Bantul, Berlangsung Meriah dengan Apel Akbar dan Parade

Gunung Merapi Erupsi Keluarkan Awan Panas Sebanyak 21 Kali

Gunung Merapi erupsi
Gunung Merapi erupsi pada siang hari ini, sebaran abu awan panasnya menyebar di Kabupaten Magelang. (Foto: Instagram/Merapi Update)

BPPTKG melalui siaran persnya menjelaskan bahwa hingga saat ini sejak 5 November 2020 lalu, Gunung Merapi menyandang status Level III Siaga.

Hari ini, terjadi rentetan erupsi awan panas guguran yang bersumber dari longsoran kubah lava barat daya. Sehingga, aliran awan panas guguran pun cenderung mengarah ke arah barat daya atau Kali Bebeng dan Krasak.

Disebutkan BPPTKG bahwa dari rentang waktu pukul 12.12 WIB hingga 15.00 WIB terjadi sebanyak 21 kali awan panas guguran dengan jarak luncur kurang lebih 4 km.

Aktivitas Gunung Merapi hari ini menyebabkan 11 kecamatan dengan lebih dari 40 desa terdampak hujan abu dengan intensitas ringan hingga tebal, dilansir dari Instagram @merapi_uncover.

Dyah Ayu