Fakta Angka Dispensasi Nikah di Ponorogo, Ternyata di Wilayah Ini Jauh Lebih Parah

HARIANE JOGJA – Fakta angka dispensasi nikah di Ponorogo sempat ramai menjadi perbincangan masyarakat karena jumlah yang dinilai cukup tinggi tersebut.

Fakta angka dispensasi nikah di Ponorogo yang datanya dikeluarkan pada 17 Januari 2023 ternyata bukan yang tertinggi di Jawa Timur.

Meski bukan yang tertinggi, fakta angka dispensasi nikah di Ponorogo membuat bupati kota tersebut banjir kritikan. Banyak pihak yang menilai fenomena ini sebagai dampak pergaulan bebas di wilayah tersebut.

Fakta Angka Dispensasi Nikah di Ponorogo yang Tempati Peringkat 10 Dari Bawah

Acara Sikat Gigi Bersama Anak Indonesia.
Angka pernikahan dini di Indonesia masih tinggi. (Foto: Dok. Pemkot Jogja)

Pemerintah Kabupaten Ponorogo lewat akun resmi Instagram @ponorogokab pada 17 Januari 2023 merilis data dispensasi nikah wilayah hukum Pengadilan Agama Surabaya.

Data tersebut merangkum total dispensasi nikah yang dikeluarkan Pengadilan Agama dari 37 kabupaten di Jawa Timur.

Hasilnya, Ponorogo menempati posisi ke-28 dengan jumlah 191 dispensasi nikah di 2022.

Wilayah yang tercatat paling tinggi mengeluarkan dispensasi kawin adalah Kabupaten Malang dengan total 1.455 dispensasi. Posisi berikutnya disusul Jember dengan total 1.395 dispensasi.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati Kabupaten Kraksaan dengan total 1.152 dispensasi.

Menanggapi fakta angka dispensasi nikah di Ponorogo tersebut, dilansir dari laman Pemkab Ponorogo, Bupati Sugiri Sancoko sempat gelisah ketika angka pernikahan dini di daerahnya menjadi sorotan.

Tak Berkategori