Ditinggal Pergi Penghuni, Rumah Kost di Bantul Terbakar

HARIANE JOGJA – Sebuah rumah kost di Padukuhan Ngireng Ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul terbakar, Minggu 5 November 2023 dini hari.

kebakaran di Kos-kosan ini diduga dipicu oleh gangguan arus pendek atau korsleting listrik di salah satu kamar kost.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengungkapkan, korsleting listrik di salah satu kamar kost diduga menimbulkan percikan api dan memicu terjadinya kebakaran.

“(Tengah malam) Saksi yang sedang mencuci pakaian melihat kobaran api dari dalam kamar yang terletak di lantai dua kos itu,” ujar Jefrry kepada media.

BACA JUGA:  Masalah TPST Piyungan di Bantul, Pemkab Bantul Dorong Pemilahan Sampah di Tingkat Rumah Tangga

Saksi yang merasa panik langsung berteriak untuk membangunkan warga sekitar agar segera mendapatkan pertolongan untuk memadamkan api.

Namun, upaya warga memadamkan api dengan alat seadanya tak membuahkan hasil sehingga warga segera menghubungi unit pemadam kebakaran BPBD Bantul.

“Personil TNI/Polri bersama warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya menunggu petugas damkar datang,” ucapnya.

Selang beberapa menit, dua unit mobil pemadam kebakaran beserta petugas datang ke lokasi kejadian untuk menjinakkan di jago merah.

Api baru bisa dipadamkan sekitar sejam kemudian. Beruntung, api tidak merembet ke kamar kost lain dan hanya menghanguskan satu unit kamar saja.

“Penghuni kos kebetulan sedang tidak berada di kamar kos, jadi tidak ada korban luka maupun korban jiwa,” jelasnya.

Meskipun begitu, api melahap seluruh perabotan yang ada di dalam kamar kos berupa pintu, jendela, atap rumah, kulkas, kipas angin dan penanak nasi.

Admin