Demo di DPRD Bantul Hari Ini, Ratusan Warga Tolak Pembangunan IPLT

HARIANE JOGJA – Ratusan warga melakukan demo di DPRD Bantul hari ini Senin, 6 November 2023 yang menentang dilanjutkannya pembangunan IPLT di Dusung Ponggok 2, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Pembangunan Instalasi Pengelohan Limbah Tinja (IPLT) itu dianggap bisa merugikan warga sekitar yang tinggal di Kalurahan Trimulyo, Jetis dan Pleret, Bantul baik secara ekonomi maupun lingkungan.

Demo pembangunan IPLT ini merupakan lanjutan dari demo sebelumnya yang masih belum mendapatkan tanggapan serius dari pemerintah.

Warga pun berkomitmen akan kembali melakukan demo apabila permintaan untuk memindahkan lokasi IPLT tidak kunjung dikabulkan.

Alasan Pembangunan IPLT di Bantul Ditolak

Dilansir dari Hariane.com, warga menilai pembangunan IPLT di Ponggok itu dapat berpotensi mencemarkan lingkungan hingga kualitas air sumur yang terdapat di wilayah mereka.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi unjuk rasa, Eva Dwi Putra mengatakan hadirnya IPLT menjadi kekhawatiran warga terhadap pencemaran lingkungan masyarakat setempat.

“Warga sepakat menolak pembangunan IPLT, dikhawatirkan akan adanya pencemaran lingkungan hingga kualitas air sumur bisa tercemar,” ujar Eva kepada awak media.

BACA JUGA:  Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu 2024 Dikritik Banyak Pihak, KPU Akan Banding
Demo di DPRD Bantul Hari Ini, Ratusan Warga Tolak Pembangunan IPLT
Warga menilai lokasi pembangunan IPLT di Ponggok bisa merugikan warga sekitar karena jarak yang dekat dengan pemukiman. (Foto: Hariane/Andi May)

Eva juga menyebut wilayah Dusun Ponggok 2 telah dijadikan pusat olahraga di Kabupaten Bantul seperti arena pacuan kuda, tennis, sirkuit sepatu roda dan Stadion Sultan Agung (SSA).

Dyah Ayu