Cara Pilih Set Top Box Aman dan 10 Rekomendasi Merk STB Bersertifikat Kominfo

HARIANEJOGJA – Cara pilih set top box aman berikut ini patut untuk disimak agar perangkat yang digunakan untuk menonton siaran digital bukan abal-abal.

Cara pilih set top box aman yang paling utama adalah perangkat STB sudah memiliki sertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditandai dengan logo atau tulisan tertentu.

Dengan memperhatikan cara pilih set top box aman, pengguna bisa terhindari dari risiko perangkat yang tidak aman digunakan, maupun perangkat yang tidak bisa menangkap siaran digital seperti yang seharusnya.

Selain cara memilih STB yang aman dan asli, di sini juga akan dijelaskan soal cara mengecek STB yang sudah dimiliki sudah bersertifikat Kominfo atau belum.

BACA JUGA:  Komentator Bulu Tangkis iNews TV Hina Netizen Minta Maaf, Tambah Dihujat

Cara Pilih Set Top Box Aman Bersertifikat dari Kominfo dan Rekomendasi STB Terbaik

Cara setting tv digital tanpa set top box
Televisi yang belum DVB-T2 harus menggunakan set to box. (Foto: Polytron

STB atau set top box adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah siaran tv analog menjadi digital. Perangkat ini juga memiliki nama lain di kalangan masyarakat yaitu dekoder, converter, receiver, atau pengubah sinyal.

Tidak semua televisi harus dipasang STB untuk bisa menonton siaran digital. Beberapa tv terutama yang keluaran baru banyak yang sudah digital-ready sehingga bisa menonton siaran digital hanya dengan memindai saluran ‘DTV’ pada menu.

Dilansir dari laman Indonesiabaik, cara pilih set top box aman adalah:

1. Cari yang sudah bersertifikat Kominfo atau bertanda khusus

Dyah Ayu