4 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan, Kejar Pahala Meski Tak Bisa Puasa

HARIANE JOGJA – Amalan wanita haid di bulan Ramadhan perlu diketahui agar tetap mendapat pahala yang berlipat ganda.

Wanita yang sedang haid saat bulan puasa tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah seperti puasa, shalat, dan membaca Al-Quran.

Meski demikian, ada beberapa ibadah ketika haid di bulan Ramadhan yang tetap bisa dilakukan tanpa harus dalam keadaan suci.

4 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Perlu diketahui bahwa terdapat ibadah yang bisa dilakukan wanita haid di bulan Ramadhan yang bisa mendatangkan pahala apabila dikerjakan.

Pasalnya, tidak semua orang dapat menjalankan puasa selama satu bulan penuh, terutama bagi wanita yang sudah baligh dan mengalami haid atau menstruasi.

BACA JUGA:  Cara Memilih Karir Berdasarkan Kepribadian RIASEC, Penting untuk Mencapai Kesuksesan

Namun tidak perlu bersedih, berikut ini terdapat 4 amalan yang dapat dilakukan oleh wanita ketika sedang mengalami haid saat bulan puasa agar mendapat pahala.

1. Berdzikir dan Berdoa

Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan
Berzikir bisa jadi salah satu amalan yang dilakukan saat sedang haid di bulan puasa. (Ilustrasi: Pexels/Thirdman)

Ketika sedang haid, wanita dianjurkan untuk berdzikir sebagai salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, seseorang dapat memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Rasulullah dalam hadits Riwayat Imam Bukhari bersabda bahwa perumpamaan antara orang yang dzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup dan yang mati.

Terdapat beberapa jenis dzikir diantaranya berupa ucapan tasbih, tahmid, takbir, hauqalah, dan lain sebagainya seperti dilansir pada laman NU Online.

2. Menyiapkan Hidangan untuk Berbuka Puasa

Selain menjalankan ibadah-ibadah yang bersifat ritual, umat Islam juga diperintahkan untuk memperbanyak kegiatan positif yang bersifat sosial, salah satunya menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa.

Admin