9 Layanan Perusahaan Konsultan Buro Happold pada Stadion JIS yang Dianggap Tak Penuhi Standar FIFA

HARIANE JOGJA – Perusahaan konsultan Buro Happold sedang ramai dibicarakan karena keterkaitannya dengan proyek pembangunan Jakarta International Stadium yang kini sedang dipermasalahkan.

Perusahaan konsultan yang menangani JIS ini merupakan perusaan ternama asal Inggris dengan proyek yang tersebar di beberapa negara.

Proyek Stadion JIS memang sudah diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setahun yang lalu tepatnya pada 24 Juli 2022.

Kendati demikian Stadion JIS kembali menjadi perbincangan di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air lantaran akan dilakukan renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-17 pada akhir tahun mendatang.

Poyek pembangunan JIS dianggap sudah sesuai standar FIFA oleh pengurus stadion JIS, namun oleh PSSI stadion JIS dianggap belum standar FIFA dan harus direnovasi.

Sebagai konsultan konstruksi, Buro Happold mengaku sudah memberikan panduan pembangunan yang sesuai dengan standar FIFA. Apa saja layanan yang diberikan perusahaan ini untuk pembangunan JIS?

Layanan Perusahaan Konsultan Buro Happold

Perusahaan Konsultan Buro Happold
Gambar stadion JIS dari atas. (Foto: Twitter/@jakprogroup)
BACA JUGA:  Jadwal Turnamen Bulu Tangkis BWF 2023, Penggemar Badminton Wajib Tahu

Dilansir dari website Buro Happold, ada 9 layanan yang diberikan oleh perusahaan ini pada saat menangani proyek stadion JIS.

1. Layanan Rekayasa Bangunan (MEF)

Layanan rekayasa bangunan ini meliputi proses desain holistik, sistem pasif, sistem aktif, penilaian keberlanjutan (tampilan total), perhitungan penghematan energi, kepatuhan peraturan lingkungan, laporan biaya sistem dan utilitas (seumur hidup), perencanaan dan proyeksi (fleksibilitas masa depan), penilaian sistem alternatif untuk perbandingan dan desain, dan penilaian bangunan yang ada.

Kontributor 12