7 Tips Membuat CV yang Menarik, HRD Pasti Melirik

Hariane Jogja – Berikut adalah ulasan tips membuat CV yang menarik, khususnya saat melakukan lamaran kerja terhadap suatu perusahaan.

Dengan memaksimalkan tips membuat CV yang menarik pada resume, HRD akan dengan mudah melirik dan tertarik untuk menelaah CV yang tersedia.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengulas tips membuat CV yang menarik adalah memahami apa itu CV.

CV atau curriculum vitae adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya menjabarkan informasi dan dan yang diperlukan saat melamar pekerjaan.

BACA JUGA:  Tata Cara Berbuka Puasa, Kapan Sebaiknya Membaca Doa Berbuka Puasa?

Menurut Robert Walters, berikut ini adalah 7 tips membuat CV yang menarik.

1. Mulailah Dengan Nama, Alamat, dan Detail Kontak

Yang pertama dari tips membuat CV yang menarik adalah mencantumkan detail kontak utama agar HRD dapat menghubungi kapan saja dengan mudah.

Pastikan detailnya disajikan dengan jelas dan tampilkan dengan jelas di bagian atas CV. Lebih bagus kalau terdapat tautan ke profil LinkedIn terbaru yang dimiliki.

2. Perkenalan Diri

Di sini, narasi perkenalan diri harus diringkas dan disoroti sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh calon pemberi kerja.

Ringkaslah sorotan karier apa pun yang akan menarik perhatian, seperti sisipkan penghargaan apa yang telah dicapai.

3. Ringkas Keterampilan yang Dimiliki

Gunakan poin-poin singkat untuk mencantumkan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki secara spesifik dan relevan dengan peran tersebut.

HRD akan menggunakan metode skimming untuk memindai bagian-bagian yang menarik saja dalam CV, khususnya berkaitan dengan relevansi dengan lowongan yang tersedia.

4. Soroti Pengalaman yang Relevan

Bagian dari tips membuat CV yang menarik selanjutnya adalah harus menyertakan riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan sesuai dengan urutan riwayat terbaru, termasuk pekerjaan berbayar, penempatan sukarela, atau pengalaman kerja yang relevan.

Admin