6 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja, Salah Satunya Punya Tradisi Membuat Jamu

HARIANE JOGJA – Rekomendasi desa wisata di Jogja menjadi pembahasan menarik mengingat banyaknya bermunculan pariwisata baru yang menawarkan pesona dari kehidupan dan alam pedesaan.

Ada banyak kampung desa wisata di Jogja yang sangat kental dengan tradisi dan kesenian khas Kota Gudeg ini dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Salah satu kampung yang bisa dikunjungi adalah Desa Wisata Tembi yang menawarkan suasana alam dikelilingi oleh sawah yang masih jadi pemandangan umum di kawasan budaya ini.

6 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja yang Menarik untuk Dikunjungi

Umumnya, desa wisata akan lebih menyenangkan untuk dikunjungi, karena daya tarik dan fasilitas lengkap yang ditawarkannya.

Dilansir dari website resminya, Kemenparekraf sampai mengadakan kompetisi khusus untuk desa wisata bertajuk Anugerah Desa Wisata 2023.

Nah, bagi wisatawan yang tertarik dengan alam, tradisi, dan kesenian yang kental, berikut ini rekomendasi desa wisata yang bisa dikunjungi di Jogja:

1. Desa Wisata Nglanggeran

Dilansir dari akun Instagram @visitingjogja, berbagai keindahan bisa ditemukan di desa wisata yang mayoritas masyarakatnya berprofesi menjadi petani, pekebun dan juga peternak ini.

Ada beberapa pengalaman menarik yang bisa didapatkan, mulai dari wisata Gunung Api Purba yang jadi primadona, situs geologi, sejarah, sampai kulinernya.

Berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, desa ini memiliki jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Yogyakarta.

BACA JUGA:  7 Tempat Wisata Sejarah di Jogja, Menyimpan Kisah Menarik Seputar Perjuangan Bangsa

2. Desa Wisata Rejowinangun

Berlokasi dekat dengan pusat kota, Desa Wisata Rejowinangun merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan kebiasaan unik, yaitu membuat jamu.

Admin