5 Tips Diet Sehat Seiring Pertambahan Usia, Jaga Berat Badan di Masa Tua

HARIANE JOGJA – Tips diet sehat sesuai usia berikut ini pas dicoba bagi yang ingin menerapkan gaya hidup lebih sehat sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan tubuh akan jumlah kalori dan jenis nutrisi yang lebih dibutuhkan pun akan berbeda.

Ada beberapa faktor yang akan memengaruhi kebutuhan nutrisi seseorang seiring dengan bertambahnya usia, misalnya seperti aktivitas yang dilakukan.

Bagaimana cara menjaga berat badan yang sehat agar hari tua nanti tidak diisi dengan berbagai masalah kesehatan?

Berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan.

1. Tips Jaga Berat Badan: Ukuran Memengaruhi Asupan Kalori

Dilansir dari laman SCMP, ukuran tubuh seseorang menjadi faktor yang signifikan untuk menentukan kebutuhan kalori seseorang.

Meski secara prinsip semakin besar ukuran badan seseorang maka makin banyak kebutuhan kalorinya, ternyata usia pun berpengaruh tidak kalah besarnya.

Misalnya bayi dan anak-anak membutuhkan kalori yang lebih sedikit dibandingkan orang dewasa karena ukuran mereka yang lebih kecil.

Namun, jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, kebutuhan kalori anak-anak bisa lebih besar karena sedang dalam masa pertumbuhan.

BACA JUGA:  Arti Angka Pada Kemasan Plastik, Waspadai Simbol 1, 3, dan 6

2. Aktivitas Fisik

Tips diet selanjutnya adalah memperhatikan asupan kalori sesuai dengan aktivitas fisik yang dilakukan.

Anna Maria Siega-Riz, seorang dosen nutrisi di University of Massachusetts Amherst di AS mengungkapkan seseorang berusia 40 tahun yang jarang aktif bergerak dan memiliki BB 90 kg akan membutuhkan 2.700 kalori setiap hari untuk mempertankan berat badannya.

Dyah Ayu