Viral Mahasiswa Unhas Lakukan Aksi Diam, 11 Ribu Pelajar Belum Sanggup Bayar

HARIANE JOGJA – Seorang mahasiswa Unhas lakukan aksi diam baru-baru ini menjadi pembicaraan hangat di media sosial.

Aksi tunggal tersebut diketahui karena mahasiswa tak mampu bayar UKT Unhas (Universitas Hasanuddin) yang dinilai makin tak terjangkau.

Menindaklanjuti viralnya protes terkait UKT Unhas, aliansi mahasiswa kampus negeri di Makassar ini kemudian melakukan aksi masa demi mencapai keringanan UKT.

Mahasiswa Unhas Lakukan Aksi Diam Karena Tak Mampu Bayar UKT

Melansir dari akun Twitter @AliansiUnhas, aksi diam seorang mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar pada 31 Januari 2023 lalu sempat menjadi perhatian publik.

Perempuan yang mengenakan jas almamater Unhas ini melakukan aksi diam dengan memegang sebuah poster bertuliskan “Saya anak nelayan tidak mampu bayar UKT” dilengkapi dengan tagar #Unhastidakaman.

Menurut akun tersebut, kampus Unhas kini sudah menjelma menjadi kampus elit yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja.

BACA JUGA:  Kronologi Influencer China Tewas Setelah Minum 7 Botol Alkohol Saat Live Streaming

Mahasiswa sampai menjuluki kampusnya itu dengan sebutan Universitas Hampir Swasta (Unhas).

Viralnya mahasiswa tak mampu bayar UKT Unhas tersebut kemudian mendapat respon dari mahasiswa Unhas lain yang seakan turut merasakan sulitnya membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Aksi tersebut dikatakan bukanlah yang pertama, tetapi telah didahului aksi-aksi lain yang serupa sebagai bentuk protes terhadap seluruh instansi pendidikan yang makin hari makin mahal.

Aksi Diam yang Viral Picu Aksi Masa di Depan Gedung Rektorat

mahasiswa Unhas Lakukan aksi diam
Aksi demo mahasiswa terkait mahalnya UKT juga banyak dilakukan di banyak kampus ternama di Indonesia. (Ilustrasi: freepik/makyzz)
Admin