Perdana di UGM, PLN Icon Plus Revitalisasi Fiber Optic untuk Tingkatkan Konektivitas Jaringan

HARIANE JOGJA- Demi meningkatkan konektivitas jaringan yang handal, PLN Icon Plus Revitalisasi Fiber Optic di UGM (Universitas Gajah Mada), Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemasangan yang telah dilakukan sejak 16 Juni tersebut, merupakan perdana bagi di UGM sepanjang sejarah berdirinya.

General Manajer SBU Jawa Bagian Tengah, Wahyu Setyabudi mengatakan, proyek revitalisasi tersebut juga menjadi yang pertama kalinya ada di Kabupaten Sleman.

“bentuk dari pada revitalisasi itu adalah mengubah kabel udara menjadi konstruksi kabel bawah tanah atau kabel tanam,” ucap Wahyu Setyabudi, Kamis, 24 Agustus 2023.

Revitalisasi kabel fiber optic yang dilakukan sepanjang 1.600 meter, dan telah dilaksanakan selama 60 hari lalu dengan menerjunkan lima tim yang bekerja mulai dari survey, perencanaan, pendataan, hingga eksekusi.

“Revitalisasi ini di mana 20 kabel yang ada di udara kita signifikasi menjadi tiga kabel tanah,” kata Wahyu, Kamis, 24 Agustus 2023.

Kabel yang sebelumnya dipasang di udara itu membentang di sepanjang Jalan Persatuan, dari simpang empat Mirota Kampus hingga Selokan Mataram.

BACA JUGA:  Bunga Edelweis Rawa Ranca Upas Dirusak, Ternyata Hanya Bisa Ditemukan di Negara Ini

PLN Icon Plus Revitalisasi Fiber Optic di UGM untuk Konektivitas dan Estetika

Dikatakan olehnya penanaman kabel fiber optic bawah tanah itu dapat meminimalisir potensi putus kabel akibat tersangkut angkutan berat.

Selain itu revitalisasi itu juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kabel fiber optic yang menjuntai ke jalan raya.

Meskipun dirubah menjadi kabel tanam, Wahyu memastikan bahwa jaringan atau konektivitas dari layanan yang diberikan PLN Icon Plus akan semakin baik.

Admin