Tanggal 1 Maret 2023 Ada Hari Solidaritas LGBTIQ Nasional, Ini Sejarahnya

HARIANE JOGJA – Tanggal 1 Maret 2023 merupakan Hari Solidaritas LGBTIQ Nasional yang ditetapkan sebagai pendirian organisasi gay pertama di Indonesia.

Hari Solidaritas LGBTIQ di Indonesia telah dideklarasikan sejak 23 tahun yang lalu oleh komunitas gay yang ada di Indonesia, bertempat di Yogyakarta.

Komunitas LGBT di Indonesia menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Solidaritas LGBTIQ Nasional untuk membuka kesempatan bagi kaum gay, lesbian, serta waria untuk bergabung.

Apa Itu LGBTIQ?

LGBTIQ adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Intersex, dan Queer, seperti yang dikutip dari laman Perkantas Jawa Timur. LGBTIQ dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelompok besar, yaitu:

1. Lesbian, Gay, dan Biseksual (LGB)

Kelompok ini cenderung memiliki orientasi seksual non-hetero atau dengan kata lain menyukai sesama jenis. Sedangkan orientasi biseksual biasanya mengarah pada sebutan bagi seseorang yang menyukai lawan jenis maupun sesama jenis.

BACA JUGA:  Jumlah Korban Bom Bunuh Diri di Pakistan Lebih dari 80 Orang, Sebagian Terjebak Reruntuhan

2. Transgender (T)

Tanggal 1 Maret 2023
Hari Solidaritas LGBTIQ Nasional diperingati untuk merayakan emansipasi kaum LGBTIQ. (Ilustrasi: Pexels/Brett Sayles)

Kelompok transgender meyakini adanya kebebasan memilih dan menentukan identitas gender bagi setiap orang sehingga dapat mengubah bentuk diri sesuai dengan apa yang dirasakan maupun dianggap benar.

3. Intersex (I)

Kondisi intersex atau Disorder of Sex (DSD) terjadi karena adanya gangguan secara fisik yang dapat dilihat secara gamblang. DSD lebih umum dikenal sebagai penyakit kelamin ganda.

Admin