KEK Lido Bogor Diresmikan, ini 5 Daya Tarik Calon Wisata Baru di Kota Hujan

HARIANE JOGJA – KEK Lido Bogor telah diresmikan pada Jum’at, 31 Maret 2023 oleh Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri, salah satunya Sandiaga Uno.

KEK Lido merupakan Kawasan Ekonomi Khusus di kawasan Lido yang diinisiasi oleh PT MNC Land Tbk. Proyek ini juga salah satu proyek unggulan Hary Tanoesoedibjo yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam kurun waktu 1 tahun 5 bulan, KEK Lido telah memenuhi persyaratan dan siap beroperasi setelah memperoleh status KEK Pariwisata yang tertuang dalam PP No. 69 tanggal 16 Juni 2021.

Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Jakarta, kawasan ini digadang-gadang akan dilengkapi dengan sejumlah daya tarik wisata.

BACA JUGA:  Sejumlah Tokoh Hadir di Puncak Harlah 1 Abad NU, Salah Satunya Presiden Jokowi

Daya Tarik Wisata KEK Lido Bogor

Menurut informasi dari laman kek.go.id, proyek ini akan berfokus pada sektor pariwisata dan industri kreatif dengan target investasi sebesar Rp 33,4 triliun. Proyek Kawasan Ekonomi Khusus ini didirikan di atas lahan seluas 1040 ha dengan berbagai fasilitas.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan meliputi theme park kelas dunia, golf course, studio film, music & arts center, hingga retail and dining. Proyek ini digadang-gadang juga akan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat hingga 30 ribu orang.

Bagi setiap pelaku usaha yang turut berpartisipasi akan memperoleh banyak manfaat di bidang fiskal seperti bebas PPN, PPnBM, bea impor, cukai, tax holiday untuk PPh badan selama 10-20 tahun disesuaikan dengan nominal investasinya.

Adanya pariwisata terintegrasi ini harapannya target capaian jumlah kunjungan wisatawan sebesar 1,4 miliar pergerakan untuk wisatawan nusantara dan 7,4 juta untuk wisatawan mancanegara di tahun ini dapat terealisasi.

Admin