5 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Umat Muslim Wajib Tahu

HARIANE JOGJA– Sejumlah keistimewaan malam Lailatul Qadar ini  wajib diketahui umat muslim untuk memaksimalkan pahala di bulan Ramadhan.

Keutamaan malam Lailatul Qadar diyakini  sebagai malam yang mulia, tak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk meraih beberapa keistimewaannya.

Salah satu keistimewaan paling terkenal dari malam Lailatul Qadar yang jatuh jelang akhir bulan suci Ramdhan, yaitu adanya pahala yang lebih baik daripada seribu bulan.

Sayangnya, malam tersebut tidak bisa dijumpai setiap hari, karena hanya muncul satu kali dalam satu tahun dan hari tepatnya menjadi salah satu rahasia Allah SWT.

Meski demikian, umat muslim bisa tetap bisa melakukan ibadah yang maksimal untuk meraih kemuliaan malam tersebut.

BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar, Salah Satunya Bersepeda

Berikut adalah 5 keistimewaan malam Lailatul Qadar yang wajib diketahui umat muslim

1. Lebih baik daripada seribu bulan

Dilansir dari laman  NU ONLINE, yang dimaksud malam yang lebih baik daripada seribu bulan adalah pahala yang didapatkan oleh umat muslim.

Umat muslim yang mengerjakan amal kebaikan tepat di malam itu, nilai pahalanya lebih baik daripada mengerjakan ibadah selama seribu bulan.

Amal ibadah ini bisa meliputi shalat malam, membaca Al-Qur’an, iktikaf maupun amal kebaikan lainnya.

Apabila dikalkulasikan dalam tahun, maka umat muslim yang berhasil memperolehnya mendapat pahala kebaikan sekitar 83 hingga 84 tahun.

Informasi ini dikuatkan dengan firman Allah  pada Q.S Al-Qadar ayat 1-3.

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ

Nafi'atunnisa'