Festival Sastra Yogyakarta 2023 Gelar Workshop Menulis Sebagai Bentuk Ekspresi Warisan Budaya dari Sastra

HARIANE JOGJA – Festival Sastra Yogyakarta 2023 yang digelar sejak awal September hingga 28 Oktober 2023 ini mengadakan workshop menulis.

Workshop yang bertajuk Penulisan Tiba Bersua itu mendatangkan profesional di bidang jurnalisme, yaitu Wisnu Nugroho selaku Pemimpin Redaksi media online Kompas.com.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Yetti Martani, tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk menjelajahi warisan budaya Kota Yogyakarta dan mengekspresikannya melalui sastra dan fotografi yang indah.

FSY 2023 sendiri diadakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.

Workshop Tiba Bersua mengangkat tema tentang manusia yang selalu tiba di suatu tempat pada waktu tertentu dan bertemu dengan berbagai cerita di sekitarnya.

“Melalui pelatihan penulisan dan fotografi, peserta mencoba memahami dan merasakan momen-momen di Kotabaru yang mencerminkan jiwa dan karakter Kota Yogyakarta,” jelas Yetti di Raminten’s Kitchen, Minggu, 22 Oktober 2023.

Yetti berharap FSY 2023 tidak hanya dilihat oleh masyarakat, tetapi juga diikuti dengan partisipasi langsung, terutama melalui tulisan.

BACA JUGA:  Okupansi Hotel di Yogyakarta Hampir 100 Persen Akhir 2022, Ada Investor Baru untuk untuk Kulon Progo dan Bantul

“Dengan menulis ini artinya mereka membuat sebuah karya, ini juga salah satu tujuan kita menggelar workshop ini. Agar mereka mempunyai karya dari acara FSY ini yang bisa mereka bagikan ke khalayak luas dan menjadi inspirasi bagi mereka,” katanya.

Sebagai narasumber yang mengisi acara workshop menulis di Kota Yogyakarta ini, Wisnu Nugroho memiliki pengalaman jurnalistik yang luas dan memberikan peserta wawasan tentang bagaimana menggali kekayaan budaya dan sejarah Kota Yogyakarta dalam bentuk narasi yang menarik.

Rangkaian Acara Lain FSY 2023

Festival Sastra Yogyakarta 2023 Gelar Workshop Menulis Sebagai Bentuk Ekspresi Warisan Budaya dari Sastra
Penampilan peserta lomba Radio Sastra di SMA Stella Duce pada Selasa, 10 oktober 2023. (Foto: Disbud Kota Yogyakarta)
Dyah Ayu