5 Fakta Unik Candi Prambanan, Lokasinya Ada di 2 Daerah

HARIANE JOGJA – Fakta unik Candi Prambanan selalu menarik untuk disimak karena tidak hanya punya nilai sejarah yang tinggi tapi lokasinya pun juga terbilang tidak biasa.

Lokasi Candi Prambanan yang ada di Kecamatan Prambanan, Desa Bokoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah ini secara bersamaan dikelola oleh dua daerah.

Selain itu, ada banyak fakta menarik Candi Prambanan yang lainnya sehingga bisa jadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin tahu sisi lain dari bangunan pra sejarah ini.

Apa yang Menjadi Fakta Unik Candi Prambanan?

1.Candi Prambanan Termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO

Candi Prambanan sendiri terkenal sebagai Cagar Budaya yang dilindungi dan sebagai objek wisata yang banyak diminati, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain sebagai Cagar Budaya, Candi Prambanan juga termasuk dalam Warisan Budaya Dunia dengan nama Prambanan Temple Compunds dari UNESCO (The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization), pada 13 Desember 1991.

Candi Prambanan menjadi situs Warisan Dunia UNESCO yang mewakili karya jenius dan kreatif manusia. Sebuah karya yang mengagumkan baik dari jenis bangunan maupun arsitektur yang menjadi sejarah penting peradaban manusia.

BACA JUGA:  Usul Sandiaga Uno untuk Wisata Jogja: Bikin Water Park dan Sediakan Sushi Mentai Salmon

2. Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Dilansir dari situs Pemkab Sleman, Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Menurut sejarahnya, fakta menarik Candi Prambanan ini memiliki 3 candi utama yang dipersembahkan untuk Trimurti, 3 Dewa utama agama Hindu yaitu Dewa Siwa, Dewa Brahma, dan Dewa Wisnu.

Kontributor 8