Layanan Cek Fisik Tanpa ke Samsat di Jogja, Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan Jadi Lebih Mudah

HARIANEJOGJA – Bisakah cek fisik tanpa ke Samsat? Pertanyaan ini mungkin muncul bagi pemilik kendaraan bermotor yang enggan datang langsung ke Samsat karena berbagai alasan.

Cek fisik tanpa ke Samsat kini bisa dilakukan di Yogyakarta, karena Polres Bantul sudah meluncurkan layanan bernama Cemol (Cek Fisik Mobile).

Layanan cek fisik tanpa ke Samsat ini memungkinkan masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan bahkan yang 5 tahunan sekalipun tanpa harus datang ke Samsat, terutama bagi yang lokasinya jauh.

Apa saja syarat untuk bisa memanfaatkan layanan cek fisik kendaraan tanpa datang ke Samsat ini?

BACA JUGA:  Puncak HUT Kota Jogja ke 266, Wayang Jogja Night Carnival #7 Akan Suguhkan Pertunjukkan yang Menarik

Layanan Cek Fisik Tanpa ke Samsat Baru untuk Kendaraan Sepeda Motor

Cek fisik tanpa ke Samsat
Cemol bisa dimanfaatkan oleh masyarakat se-Yogyakarta yang menggunakan kendaraan plat AB. (Foto: Instagram/polresbantuldiy)

Dilansir dari laman Tribata News Bantul, Satlantas Polres Bantul meluncurkan layanan cek fisik kendaraan bermotor jemput bola yang diberi nama Cemol.

Layanan ini baru saja di-launching pada Selasa, 27 Desember 2022 di Kanttor Kapanewon Pleret, sekaligus membuka pelayanan pertama untuk masyarakat yang ingin mengurus pajak 5 tahunan.

“Bagi pemohon pajak 5 tahunan yang sibuk atau nggak mau ngantri lama, bisa memanfaatkan layanan ini,” ucap Kasatlantas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan, S.Tr.K., S.I.K., M.M.

Layanan cek fisik tanpa ke Samsat Induk atau Samsat Pembantu ini bisa dimanfaatkan oleh kendaraan bermotor plat AB yang berdomisili di Yogyakarta. Sehingga tidak hanya warga Bantul saja yang bisa bayar pajak 5 tahunan di layanan Cemol ini.

Dyah Ayu