Bonus Atlet Indonesia SEA Games 2023 Capai Rp 289 Miliar, Berikut Rinciannya

HARIANE JOGJA – Nominal bonus atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games 2023 di Kamboja lalu mencapai Rp 289 miliar yang diberikan secara simbolis pada Senin, 5 Juni 2023 di halaman Istana Merdeka.

Presiden RI Joko Widodo yang secara personal hadir untuk memberikan bonus tersebut mengaku kaget dengan pencapaian kontingen Indonesia yang melebihi target.

Perolehan medali yang berhasil dibawa pulang oleh para atlet Indonesia di SEA Games 2023 mencapai 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

“Saya jadi berpikir bonusnya jadi gede banget, kita hitung-hitung totalnya Rp289 miliar,” ucap Jokowi saat memberikan sambutan dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi Terima Altet Indonesia
Menpora Dito sat upacara penerimaan atlet Indonesia di Istana Negara Senin, 5 Juni 2023. (Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)
BACA JUGA:  Viral Mahasiswa Unhas Lakukan Aksi Diam, 11 Ribu Pelajar Belum Sanggup Bayar

Pada ajang olahraga Sea Games ke 32 di Kamboja, Indonesia memang berhasil menyabet banyak medali, tercatat Indonesia berhasil menjadi juara umum pada 8 cabang olah raga, yaitu cabang olahraga bulu tangkis, angkat besi, balap sepeda, tenis, E-Sport, voli, pencak silat, dan wushu.

Pada penutupan sambutan, Presiden RI Jokowi berpesan agar selalu meningkatkan kualitas dan prestasi untuk masa yang akan datang. Mengingat masih banyak event-event internasional yang bisa diikuti oleh para atlet Indonesia.

Selain itu Jokowi juga berpesan agar bonus atlet Indonesia yang sudah diberikan agar dipergunakan untuk investasi jangka panjang dn jangan dibelikan sesuatu yang bersifat konsumtif yang nilainya bisa turun.

Kontributor 12