Band The 1975 Dilarang Tampil di Malaysia, WTF 2023 Umumkan Line Up Terbaru

HARIANE JOGJA – Band The 1975 dilarang tampil di Malaysia usai menunjukkan perbuatan yang dianggap menentang hukum di Negeri Jiran tersebut saat sedang tampil di atas panggung.

Band music rock asal Inggris ini menuai kontroversi paska tindakan tercelanya dalam acara Good Vibes Festival di Kuala Lumpur pada Jumat, 21 Juli 2023.

Band The 1975 dilarang tampil di Malaysia akibat memanggungkan aksi LGBT+ secara terbuka saat konser dengan menunjukkan aksi yang tidak sepatutnya layak ditampilkan.

Aksi ini dilakukan oleh kedua personil yakni Matty Healy dan Ross McDonald yang saling berciuman secara spontan di tengah acara berlangsung.

BACA JUGA:  Cara Pasang AI Filter Manga di TikTok Tanpa Tambah Install Aplikasi Baru

Imbas kejadian band The 1975 dilarang tampil di Malaysia

band the 1975 dilarang tampil di Malaysia
Matt Hailey vokalis band indie rock The 1975 yang memulai karir sejak tahun 2002 di UK. (Foto: Instagram/the1975)

Aksi sang vokalis tersebut menyebabkan kemarahan penonton dan akhirnya penampilan berhenti setengah jam lebih awal setelah Kementerian Komunikasi dan Digital Malaysia memberikan larangan.

Tidak hanya itu, vokalis pemilik lagu bertajuk About You mengungkapkan berbagai umpatan kemarahannya kepada pemerintah Malaysia sambil menggenggam sebotol miras.

Ia merasa berhak untuk melakukan tindakan homoseksual ini sebebasnya karena telah diundang, dan tidak memiliki kuasa untuk menaati peraturan undang-undang yang berlaku di Negara Malaysia.

“Karena kalian anak muda, saya yakin mayoritas dari kalian adalah gay, progresif dan keren. Jadi, saya membuat pertunjukan kemarin dan banyak membahas hal ini dengan berkata “Anda tahu, kami tidak dapat mengecewakan anak-anak karena mereka bukan bagian dari pemerintahan,” ujar Healy dikutip dari laman Billboard.

Kontributor 10