Arti Angka Pada Kemasan Plastik, Waspadai Simbol 1, 3, dan 6

HARIANE JOGJA – Arti angka pada kemasan plastik yang terdapat pada produk kemasan bisa menjadi informasi penggunaan wadah yang aman untuk manusia.

Arti angka pada botol plastik maupun kemasan lainnya ternyata memiliki makna tersendiri terutama soal aman atau tidaknya wadah tersebut digunakan kembali.

Penggunaan kembali kemasan makanan dapat dilakukan apabila bahan yang digunakan untuk kemasan tersebut aman bagi kesehatan.

Setiap angka pada botol atau wadah menandakan bahan baku pembuat tempat tersebut sehingga wajib diketahui agar terhindar dari

Arti Angka Pada Kemasan Plastik yang Harus Dihindari

Dikutip dari laman learn.eartheasy.com , berikut adalah rangkuman arti angka pada botol plastik maupun kemasan lain yang perlu diperhatikan.

Angka 1

Arti angka 1 ini mengindikasikan bahan yang digunakan adalah PET (Polyethylene Terephthalate).

BACA JUGA:  10 Alasan Orang Enggan Konsultasi Masalah Psikologi: Mulai dari Biaya hingga Stigma

Bahan ini tidak boleh digunakan lebih dari satu kali dan wajib didaur ulang. Proses pendaur ulangan bahan ini akan menghasilkan kemasan plastik yang baru atau produk rumah tangga lainnya.

Angka 2

Kemasan plastik yang mencantumkan kode ini menggunakan bahan HDPE (High-Density Polyethylene). Produk yang banyak dijumpai pada pemakaian bahan ini adalah produk-produk rumah tangga dan kantong plastik.

Arti angka pada kemasan plastik
Arti angka pada kemasan plastik yang harus diperhatikan. (Ilustrasi: Unsplash/Agenlaku Indonesia)

Kantong plastik yang menggunakan bahan ini tidak mudah terurai sehingga disarankan menggunakan plastik berlabel angka ini seminimal mungkin.

Angka 3

PVC (Polyvinyl Chloride) terdapat pada plastik kemasan ini dan bahan ini tidak dapat didaur ulang.

Kontributor 11