Apa Itu Gaslighting? Artis Sekelas Lee Seung Gi pun Bisa Jadi Korban

HARIANEJOGJA – Apa itu gaslighting? Perilaku psikologis ini jadi ramai dibincangkan setelah aktor sekaligus penyanyi asal Korea Selatan, Lee Seung Gi diduga menjadi korban.

Soal apa itu gaslighting, berawal dari muncul berita yang menyebutkan Lee Seung Gi tidak pernah mendapatkan sepeser pun bayaran dari karier menyanyinya selama 18 tahun.

Pengertian apa itu gaslighting pun jadi banyak dibahas karena dugaan CEO Hook Entertainment yang menjadi agensi Lee Seung Gi selama 18 tahun menunjukkan perilaku ini pada sang artis.

Sebenarnya apa pengertian gaslighting dan bagaimana ciri-ciri perilaku ini?

BACA JUGA:  Review Gazgas Hummer 150, Motor Trail Racikan Anak Bangsa yang Murah Tapi Tidak Murahan

Pengertian Apa Itu Gaslighting dan Ciri-ciri yang Ditunjukkan Oleh Pelaku Gaslighting

Seperti artikel yang ditayangkan di Hariane.com dengan judul ‘Ramai Soal Lee Seung Gi Jadi Korban Gaslighting, Apa Istilah Itu Sebenarnya?’ pada Kamis, 24 November 2022, berikut adalah informasi soal istilah yang sedang trending ini.

Dilansir dari Forbes, gaslighting adalah bentuk manipulasi psikologis yang bergantung pada penciptaan keraguan diri.

Gaslighting dapat muncul dari pasangan, bos, anggota keluarga, dokter, atau siapa pun yang memiliki posisi berkuasa. Gaslighting melibatkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan orang yang menjadi korban.

Pelaku sering mengeksploitasi stereotip atau kerentanan yang berkaitan dengan gender, seksualitas, ras, kebangsaan dan/atau kelas.

Teknik yang Biasa Dipakai Pelaku Terhadap Korban Gaslighting

apa itu gaslighting
Lee Seung Gi diduga jadi korban gaslighting CEO Hook Entertainment. (Foto: Instagram/leeseunggi.official)
Dyah Ayu