Apa Itu Cethik Geni? Erina Gudono Sampai Bikin Dapur Bergaya Kuno di Garasi Rumahnya

HARIANEJOGJA – Apa itu cethik geni? Tradisi ini akan menjadi salah satu prosesi yang dijalankan oleh Erina Gudono jelang akad nikah dengan anak bungsu Presiden RI, Kaesang Pangarep.

Soal apa itu cethik geni, ternyata adalah salah satu rangkaian adat pernikahan Jawa Tengah yang menjadi simbol bahwa di rumah tersebut sedang ada hajatan.

Di sini akan dibahas soal apa itu cethik geni mulai dari arti hingga makna filosofinya yang saking pentingnya sampai garasi rumah calon mempelai wanita pun didekorasi menjadi seperti dapur kuno.

Erina Gudono dilaporkan akan melaksanakan prosesi cethik geni pada Jumat, 9 Desember 2022 yang berbarengan dengan proses siraman.

BACA JUGA:  Ternyata Begini Fungsi Lampu Hazard Pada Kendaraan, Hanya Boleh Menyala Saat Situasi Seperti Ini

Apa Itu Cethik Geni? Tradisi Adat Jawa Tengah yang Jadi Penanda Adanya Hajatan

apa itu cethik geni
Erina Gudono akan jalani adat cethik geni di kediamannya di Sleman, Yogyakarta. (Foto: Instagram/kaesangp)

Erina Gudono, finalis Putri Indonesia 2022 wakil Daerah Istimewa Yogyakarta ini akan menikah dengan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akad nikah akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Sebelum jalani akad nikah, Erina akan melewati beberapa prosesi seperti pengajian, siraman, serta cethik geni.

Apa itu cethik geni? Cethik geni adang pisanan adalah menanak nasi yang pertama untuk perhelatan.

Dilansir dari buku berjudul Hukum Adat di Indonesia oleh Dr. Siska Lis Sulistiani, M.Ag., M.E.Sy. yang diterbitkan tahun 2021 oleh Sinar Grafika, cethik geni adalah salah satu tata cara perkawinan adat Jawa Tengah.

Dyah Ayu