7 Cara Menghindari Phising, Waspada Bahaya Pencurian Data Pribadi

HARIANE JOGJA – Cara menghindari phising perlu dilakukan untuk mencegah pencurian data pribadi akibat kejahatan siber yang saat ini marak terjadi.

Cara menghindari phising dapat diterapkan dengan mudah dalam kegiatan sehari-hari yang tidak terlepas dari gadget.

Lalu apa saja cara menghindari phising yang dapat dilakukan? Simak informasi berikut.

Dilansir dari laman Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Phising merupakan upaya mendapatkan data pribadi dengan teknik pengelabuan. Data tersebut meliputi, nama, usia, alamat, data akun, dan data finansial.

Modus penipuan phising memancing orang untuk memberikan data pribadi secara sukarela. Padahal data tersebut akan digunakan untuk tindak kejahatan, seperti penjualan data ilegal.

Ancaman phising penting untuk dihindari agar data pribadi tetap aman. Berikut ini, cara menghindari kejahatan phising yang dirangkum dari laman Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Fitur Baru YouTube Mobile Boleh Dicoba Sampai 28 Januari 2023, Bisa Bikin Playlist Pakai HP

7 Cara Menghindari Phising Agar Data Pribadi Tetap Aman

1. Rutin Memeriksa Keamanan Gadget

Cara menghindari phising
Rutin periksa keamanan gadget. (Foto: Pixabay/methodshop)

Phising adalah kejahatan yang dapat menyerang seluruh aplikasi pada gadget. Informasi yang tersimpan dalam aplikasi pencatat juga ikut terancam ketika gadget terkena phising.

Oleh karena itu, pemeriksaan keamanan menyeluruh pada gadget secara rutin perlu dilakukan, seperti mengecek riwayat penggunaan aplikasi, file-file aneh, dan suhu gadget.

2. Menyimpan Informasi Login dengan Hati-hati

Cara menghindari phising
Hati-hati menyimpan informasi login. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)