7 Cara Jadi Freelancer Pemula, Tips Agar Mudah Dapat Cuan

HARIANE JOGJA – Cara jadi freelancer pemula berikut bisa disimak bagi yang ingin mendapatkan penghasilan melalui sistem lepas alias tidak terikat dengan satu perusahaan tertentu.

Tips jadi freelancer ini bisa membantu kalangan muda, mahasiswa maupun orang dewasa yang tertarik pada pekerjaan freelance karena waktu kerja yang fleksibel, pekerjaan sesuai keahlian dan tentunya bisa menambah penghasilan.

Pekerjaan freelance adalah pekerja lepas, penghasilan yang didapat juga cenderung tidak pasti, jika dibandingan dengan pekerjaan tetap. Hal itu tergantung dari berapa banyak pekerjaan yang diperoleh seseorang setiap harinya.

Hal itulah yang menjadi daya tarik unik seorang freelancer. Banyak dari mereka yang menjadikan pekerjaan freelance sebagai penambah penghasilan sampingan untuk mendukung penghasilan dari pekerjaan tetap.

Freelance juga cocok bagi mahasiswa yang ingin menambah uang saku dan mengambil banyak pengalaman dari itu. Bagi yang tertarik menekuni dunia Freelance, berikut ada beberapa cara jadi freelancer pemula.

BACA JUGA:  Pertama Kalinya Adele dan Sam Smith di Grammy Awards 2023, Bantahkan Rumor yang Melingkupi Keduanya?

Cara Jadi Freelancer Pemula Agar Tetap Untung

1. Menentukan Tujuan

Langkah Tepat Menjadi Freelancer
Penting menentukan tujuan dengan tepat. (Ilustrasi: Pexels/The Sunday Collection)

Dilansir dari laman Freelancing School, sebagai langkah awal memulai pekerjaan lepas waktu, seseorang harus menentukan tujuan apa yang membuatnya ingin menjadi seorang freelancer. Misalnya, apakah pekerjaan freelance akan menjadi pekerjaan utama atau sampingan.

Kontributor 8