Komet C 2022 E3 ZTF Akan Melintas Awal Februari 2023, Bisa Dilihat Tanpa Harus Pakai Teleskop

HARIANE JOGJA – Komet C 2022 E3 ZTF disebut-sebut hanya akan melintasi Bumi sekali seumur hidup pada Januari hingga Februari 2023.

Komet C 2022 E3 ZTF ini diperkirakan akan melintas paling dekat dengan Bumi pada awal Februari mendatang.

Bisa dilihat tanpa menggunakan alat optik, kapan Komet C 2022 E3 ZTF bisa disaksikan di Indonesia? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Komet C 2022 E3 ZTF?

komet C/2022 E3 (ZTF)
Penampakan Komet C/2022 E3 melalui teleskop (Foto: Youtube/Mr SuperMole)

Dilansir dari NASA Science, komet ini pertama kali ditemukan oleh seorang astronom melalui kamera pengamatan wide-field di Zwicky Transient Facility pada awal Maret 2022.

Penamaan komet ZTF diambil dari singkatan Zwicky Transient Facility yang merupakan fasilitas pengamatan astronomis di Amerika Serikat yang pertama kali menemukan komet tersebut.

Sejak Maret 2022, komet menjadi sangat cerah dan menghiasi konstelasi utara Corona Borealis di langit subuh. Namun, komet masih terlalu redup untuk dilihat tanpa bantuan teleskop.

Penampakan komet ini memiliki koma kehijauan yang lebih terang, lebar ekor debu pendek, dan ekor ion redup panjang yang membentang melintasi bidang pandang selebar 2,5 derajat.

BACA JUGA:  Observatorium Nasional Timau Tuntas Februari 2023, Diklaim Terbesar di Asia Tenggara

Komet ZTF Hanya Melintasi Bumi Sekali Seumur Hidup

komet C/2022 E3 (ZTF)
Lintasan orbit komet berbentuk hiperbola. (Foto: Instagram/lapan_ri)

Komet ini hanya melintas sekali seumur hidup karena memiliki orbit berbentuk hiperbola. Orbit jenis ini mempunyai nilai kelonjongan atau eksentrisitas lebih besar dari satu, sehingga membentuk kurva terbuka di kedua titik fokusnya.

Admin